Takbir Hari Raya

Takbir Saat Iedul Fitri
  1. Disyariatkannya Takbir
Allah berfirman di akhir ayat puasa di surat al Baqarah yang artinya, “Dan hendaknya kalian sempurnakan bilangan Ramadhan dan hendaknya kalian bertakbir memahabesarkan Allah karena hidayah yang Allah anugrahkan kepada kalian dan supaya kalian bersyukur”.
Tentang ayat ini Ibnu Katsir mengatakan, “Banyak ulama berdalil mengenai disyariatkannya takbir saat iedul fitri dengan menggunakan ayat ini”.
وجرى عليه العمل في عهد السلف الصالح من الصحابة والتابعين فمن بعدهم، فقد ثبت عن نافع ـ رحمه الله ـ:
(( أن ابن عمر كان يخرج إلى العيدين من المسجد فيكبر )) رواه الفريابي (43-46).
Inilah yang dipraktekkan di masa salaf shalih, shahabat, tabiin dan generasi sesudahnya.
Dari Nafi, “Sesungguhnya Ibnu Umar jika berangkat dari masjid menuju tempat shalat iedain sambil bertakbir” [Riwayat Faryabi 43-46].
وثبت عن أبي عبد الرحمن السلمي ـ رحمه الله ـ أنه قال: (( كانوا في التكبير في الفطر أشد منهم في الأضحى )) رواه الدارقطني (2/44) والفريابي في”أحكام العيدين”(64).
Dari Abu Abdirrahman as Sulami, beliau mengatakan, “Mereka itu lebih bersemangat bertakbir saat Iedul Fitri dibandingkan dengan saat Iedul Adha” [Riwayat Daruquthni 2/44 dan Faryabi dalam Ahkam al Iedain 64].
الفرع الثاني / عن وقت ابتدائه.
يبدأ التكبير في عيد الفطر عند أكثر أهل العلم من السلف الصالح فمن بعدهم من حين الذهاب إلى مصلى العيد
  1. Waktu Dimulainya Takbir Saat Iedul Fitri
Saat Iedul Fitri menurut mayoritas ulama dari masa salaf dan generasi sesudahnya takbir dimulai ketika berangkat menuju tempat pelaksanaan shalat Ied.
فقد ثبت عن ابن عمر ـ رضي الله عنه ـ:
(( أنه كان يكبر إذا غدا إلى المصلى يوم العيد )) رواه الفريابي في “أحكام العيدين”(رقم:39).
Dari Ibnu Umar, beliau bertakbir saat hari Ied ketika berangkat menuju tempat shalat Ied [Riwayat Faryabi dalam Ahkam al Iedain no 39].
وثبت عن الإمام الزهري ـ رحمه الله ـ أنه قال:
(( كان الناس يكبرون من حين يخرجون من بيوتهم )) رواه الفريابي في “أحكام العيدين”(رقم:59).
Dari Zuhri beliau mengatakan, “Orang orang bertakbir saat mereka berangkat menuju tempat shalat Ied dari rumah rumah mereka” [Faryabi dalam Ahkam al Iedain no 59].
وقال الحافظ ابن المنذر ـ رحمه الله ـ في كتابه “الأوسط”(4/249):
سائر الأخبار عن الأوائل دالة على أنهم كانوا يكبرون يوم الفطر إذا غدوا إلى الصلاة.اهـ
Ibnu Mundzir dalam al Ausath 4/249 mengatakan, “Semua riwayat dari orang orang terdahulu menunjukkan bahwa mereka bertakbir saat Iedul Fitri ketika mereka berangkat menuju tempat shalat Ied”.
وقال النووي ـ رحمه الله ـ في كتابه “المجموع”(5/48): قال جمهور العلماء لا يكبر ليلة العيد إنما يكبر عند الغدو إلى صلاة العيد.اهـ
An Nawawi as Syafii dalam al Majmu 5/48 mengatakan, “Pendapat mayoritas ulama adalah tidak ada takbiran saat malam Ied, takbiran hanya dilakukan saat berangkat menuju tempat shalat Ied”.
الفرع الثالث / عن وقت انتهائه.
ثبت عن ابن عمر ـ رضي الله عنه ـ أنه:
(( كان يكبر يوم العيد حتى يأتي المصلى، ويكبر حتى يأتي الإمام )) رواه الفريابي في “أحكام العيدين”( رقم: 48- 46).
C. Waktu Akhir Takbir
Dari Ibnu Umar, beliau bertakbir ketika hari Ied sampai tiba di tempat shalat Ied dan beliau terus bertakbir sampai imam shalat Ied datang” [Riwayat Faryabi dalam Ahkam Iedain no 46-48].
وثبت عن الإمام الزهري ـ رحمه الله ـ أنه قال:
(( كان الناس يكبرون .. حتى يأتوا المصلى، حتى يخرج الإمام فإذا خرج سكتوا )) رواه الفريابي في “أحكام العيدين”(رقم:59).
Dari Zuhri beliau mengatakan, “Orang orang bertakbir… sampai mereka tiba di tempat shalat Ied dan mereka terus bertakbir sampai imam shalat Ied tiba. Jika imam shalat Ied tiba maka mereka berhenti takbir” [Riwayat Faryabi dalam Ahkam al Iedain no 59].
الفرع الرابع / عن الجهر به.
D. Takbir Dengan Suara Keras
ثبت عن ابن عمر ـ رضي الله عنه ـ:
(( أنه كان إذا غدا يوم الأضحى ويوم الفطر يجهر بالتكبير حتى يأتي المصلى، ثم يكبر حتى يأتي الإمام )) رواه الدارقطني (2/45) وبنحوه عند الفريابي في “أحكام العيدين” (رقم:43-53) .
Dari Ibnu Umar beliau jika berangkat menuju tempat shalat Ied saat Iedul Adha dan Iedul Fitri bertakbir dengan suara yang keras hingga beliau tiba di tempat shalat Ied dan di sana beliau melanjutkan takbirnya hingga imam shalat Ied tiba” [Riwayat Faryabi dalam Ahkam al Iedain no 43-53].
وقال الإمام ابن تيمية ـ رحمه الله ـ كما في “مجموع الفتاوى”(24/220):
ويشرع لكل أحد أن يجهر بالتكبير عند الخروج إلى العيد، وهذا باتفاق الأئمة الأربعة.اهـ.
Ibnu Taimiyyah dalam Majmu Fatawa 24/220 mengatakan “Dituntunkan bagi setiap orang untuk bertakbir dengan suara yang keras ketika berangkat menuju tempat shalat Ied dan hal ini disepakati oleh empat imam mazhab”.
وقال الحافظ ابن رجب ـ رحمه الله ـ في “فتح الباري”(6/133):
ولذلك يشرع إظهار التكبير في الخروج إلى العيدين في الأمصار، وقد روي ذلك عن: عمر وعلي وابن عمر وأبي قتادة، وعن خلق من التابعين ومن بعدهم.اهـ.
Ibnu Rajab dalam Fathul Bari 6/133 mengatakan “Oleh karena itu dituntunkan oleh mengeraskan takbir ketika berangkat menuju tempat shalat Ied. Hal ini diriwayatkan dari Umar, Ali, Ibnu Umar dan Abu Qatadah dan sejumlah ulama tabiin dan para ulama setelahnya”.
الفرع الخامس / عن تكبير النساء.
قالت أمُّ عطيـَّة – رضي الله عنها -:
كنَّا نُؤمَر أن نَخْرُج يوم العيد، حتَّىٰ نُخْرِجَ البكر من خدرها، حتَّىٰ نُخْرِجَ الحِيَّض، فيَكنَّ خلف النَّاس، فيكبِّرن بتكبيرهم )) رواه البخاري(971) واللَّفظ له، ومسلم (890) ، وفي رواية لمسلم:
يكبِّرن مع الناس.
E. Takbir Bagi Wanita
Ummu Athiyah mengatakan, “Kami, para wanita, diperintahkan oleh berangkat shalat Ied sampai sampai kami mengajak para gadis bahkan wanita yang sedang dalam kondisi haid. Mereka berada di belakang banyak orang lalu mereka pun bertakbir dengan takbir jamaah laki laki” [HR Bukhari no 971 dan Muslim no 890]. Dalam salah satu redaksi Muslim, “Para wanita bertakbir bersama banyak orang”.
وهٰذا نصٌّ في مشروعيـَّة التَّكبير للنِّساء حتَّىٰ ولو كُنَّ حِيَّض.
وقال الحافظ ابن رجب الحنبلي – رحمه الله – في كتابه “فتح الباري” (6/130):
ولا خلاف في أنَّ النَّساء يكبِّرن مع الرِّجال تبعاً إذا صلَّيْنَ معهم جماعة، ولكنَّ المرأة تخفض صوتها بالتَّكبير.اهـ.
Hadits di atas adalah dalil tegas dituntunkannya takbir bagi wanita meski mereka sedang dalam kondisi haid.
Ibnu Rajab al Hanbali dalam Fathul Bari 6/130 mengatakan, “Tidak ada perselisihan pendapat diantara ulama bahwa jamaah wanita itu bertakbir bersama jamaah laki laki jika mereka shalat berjamaah dengan jamaah laki laki. Akan tetapi ketika bertakbir jamaah wanita sedikit melirihkan suaranya”.
وقال النَّووي – رحمه الله – في ” شرح صحيح مسلم” (6/429) عقب حديث أمِّ عطيـَّة – رضي الله عنها -: وهٰذا دليلٌ علىٰ استحباب التَّكبير لكلِّ أحد في العيدين وهو مجمعٌ عليه.اهـ
An Nawawi dalam Syarh Muslim 6/429 setelah membawakan hadits di atas mengatakan, “Hadits ini adalah dalil bahwa bertakbir itu dianjurkan bagi semua orang ketika Iedul Fitri atau pun Iedul Adha dan ini adalah hukum yang disepakati”.
قال ابن بطَّـال – رحمه الله – في “شرح صحيح البخاري” (2/567):
وهذا أمـرٌ مستفيض.اهـ.
Ibnu Bathal dalam Syarh Shahih al Bukhari 2/567 mengatakan, “Ini adalah hal yang sudah popular”.
الفرع السادس / عن صيغه.
للتَّكبير في العيد عِدَّة صِيغ جاءت عن الصَّحابة:
الأولىٰ: الله أكبر كبيرًا، الله أكبر كبيرًا، الله أكبر وأجلُّ، الله أكبر ولله الحمد
وثبتت عن ابن عباس- رضي الله عنهما – عند ابن أبي شيبة في “مصنَّفه” (1/489).
F. Teks Bacaan Takbir
Terdapat beberapa teks takbir ketika Ied yang berasal dari para shahabat.
Pertama, Allahu akbar kabiron, Allahu akbar kabiron, Allahu akbar wa ajallu. Allahu akbar walillahi hamdu
Inilah teks takbir Ibnu Abbas sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam al Mushannaf 1/489].
الثَّانية: ما أخرج عبد الرزاق (11/295رقم: 20581) ، ومن طريقه البيهقي (3/316) عن أبي عثمان النَّهدي قال:
كان سلمان يعلِّمنا التَّكبير يقول: كبِّروا الله، الله أكبر، الله أكبر- مرارًا – الَّلهم أنت أعلىٰ وأجلُّ من أن تكون لك صاحبة، أو يكون لك ولد، أو يكون لك شريك في الملك، أو يكون لك وليٌّ من الذُّلِّ، وكبِّره تكبيرًا، الله أكبر كبيرًا، الَّلهم اغفر لنا، الَّلهم ارحمنا. ثمَّ قال: والله لتكتبنَّ هٰذه، ولا تترك هاتان، وليكوننَّ هٰذا شفعاء صدق لهاتين.
Kedua, diriwayatkan oleh Abdurrazzaq 11/295 no 20581 dan Baihaqi 3/316 dari Abu Utsman an Nahdi, Salman mengajari kami bacaan takbir dengan mengatakan, bertakbirlah dengan mengatakan: Allahu akbar allahu akbar-berkali kali-. Allahumma anta a’la wa ajallau min antakuna shohibah au yakuna laka waladun au an yakuna laka syarikun fil mulki au yakuna laka waliyyun minadz dzulli. Wakabbirhu takbiron. Allahu akbar kabiron. Allahummaghfir lana. Allahummarhamna.
ولفظ البيهقي: كان سلمان يعلِّمنا التَّكبير يقول: كبِّروا: الله أكبر، الله أكبر كبيرًا – أو قال تكبيرًا – اللهم أنت أعلىٰ وأجلُّ من أن تكون لك صاحبة, أو يكون لك ولد, أو يكون لك شريك في الملك, أو يكون لك وليٌّ من الذُّلِّ، وكبِّره تكبيرًا، الَّلهم اغفر لنا، الَّلهم ارحمنا. ثمَّ قال: والله لتكتبنَّ هٰذه، لا تترك هاتان، ولتكوننَّ شفعاً لهاتين.
Dalam redaksi Baihaqi, “Salman mengajari kami takbir dengan mengatakan ‘Bertakbirlah dengan mengucapkan: Allahu akbar, allahu akbar kabiron atau takbiron. Allahumma anta a’la wa ajallu an takuna laka shohibah au an yakuna laka walad au an yakuna laka syarikun fil mulk au yakuna laka waliyyun minadz dzulli wa kabbirhu takbiron. Allahummaghfir lana allahummarhamna.
وقال الحافظ ابن حجر- رحمه الله – في كتابه “فتح الباري” (2/462) عن هٰذه الصِّيغة: أصحُّ ما ورد.اهـ
ووافقته اللَّجنة الدَّائمة للبحوث العلميَّة والإفتاء بالمملكة برئاسة العلَّامة ابن باز رحمه الله.
Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 2/462 menilai bahwa teks takbir di atas adalah teks takbir yang sanadnya paling shahih. Penilaian Ibnu Hajar ini diamini oleh Lajnah Daimah pada masa kepemimpinan Ibnu Baz.
الثَّالثة: الله أكبر, الله أكبر، لا إله إلَّا الله، والله أكبر, الله أكبر، ولله الحمد. وجاءت عن ابن مسعود عند ابن أبي شيبة في “مصنَّفه” (1/488-490) وصحَّحها العلَّامة الألباني – رحمه الله – في كتابه “إرواء الغليل” (3/125).
Ketiga, allahu akbar allahu akbar, la ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamd.
Ini adalah teks takbir Ibnu Masud sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam al Mushannaf 1/488-490 dan dinilai shahih oleh al Albani dalam Irwa al Ghalil 3/125.
وقد ثبتت هٰذه الصِّيغة أيضاً عن جمعٍ كثير من التَّابعين – رحمهم الله – كما عند ابن أبي شيبة في “مصنَّفه” (1/488-490) والفريابي في “أحكام العيدين”(رقم: 62 ) وغيرهما.
Teks takbir di atas juga merupakan teks takbir banyak dari kalangan tabiin sebagaimana bisa dilihat di Mushannaf Ibni Abi Syaibah 1/488-490 dan Ahkam al Iedain karya Faryabi no 62 dll
By: Ustadz Aris
Title : Takbir Hari Raya
Description : Takbir Saat Iedul Fitri Disyariatkannya Takbir Allah berfirman di akhir ayat puasa di surat al Baqarah yang artinya, “Dan hendaknya ka...

0 Response to "Takbir Hari Raya"

Post a Comment

Kategori

Adab (9) Adzan (16) Ain (1) Air (3) Anak (1) Anjing (2) Aqiqah (3) Asuransi (1) Bangkai (1) Budak (1) Demonstrasi (8) Doa (42) Dzikir (1) E-Book (2) Gadai (1) Gerhana (6) Hadiah (1) Haid (3) Haji Dan Umroh (15) Hibah (1) Hijab (1) Homo (1) Hudud (7) I'tikaaf (1) Ied (2) Ifthaar (1) Ilaa (1) Isbal (7) Jabat Tangan (1) Jaminan (1) Jenazah (5) Jenggot (2) Jihad (4) Jual Beli (18) Judi (2) Jum'at (7) Junub (1) Kaffarah (1) Kaidah Fiqh (83) KENCING (1) Khitan (1) Khutbah (2) Lailatul Qadr (1) Mahrom (1) Makanan (1) Masbuq (1) Masjid (3) Membunuh (1) Mencuri (1) MLM (2) Muharram (2) Nafkah (6) Najis (2) Nama (5) Nawazil (3) Nifas (2) Nikah (15) Nusyuz (1) Other (1) Politik (8) Puasa (13) Qunut (1) Qurban (11) Riba (8) Sahur (3) Sedekah (1) Sewa (1) Shaf (3) Sholat (63) Siwak (1) Suci (2) Sujud (4) Sumpah (1) Ta'ziah (1) Tabarruj (3) Takbir (1) Talak (14) Tarawih (1) Tasyrik (3) Tayamum (3) Tepuk Tangan (1) Tetangga (1) Thaharah (3) Ular (1) Video Dan Audio (1) Wirid (1) Witir (2) Wudhu (6) Yatim (1) Zakat (9) Ziarah (1) Zina (2)

Random Ayat Quran

Millis

Join dan ikuti diskusi ilmiah, tanya jawab dan info-info yang insyaAllah sangat bermanfaat.

Flag Counter